Senin, 13 Mei 2013


                         BELAJAR MENJADI SEORANG PROGAMMER                      


Saya sedikit prihatin mem­baca thread di beberapa forum program­mer lokal. Sering­kali saya menemukan thread yang ditulis oleh programer pemula atau mung­kin mahasiswa/pelajar bidang IT yang intinya tidak lebih dari sekedar minta con­tekan tanpa menun­jukkan sedikitpun usaha yang sudah mereka lakukan.
Beberapa con­toh:
saya mau bikin quiz pake drag n drop, maunya kalau semua jawaban di drop ke tar­get ada tom­bol yang keluar dan tulisan “anda benar” atau kalau di drop bisa pin­dah ke frame selan­jut­nya buat nerusin quiznya, mohon ban­tuan bikin script­nya dong?
satu lagi…yang pakai game tem­bak, jadi kalau objek yang benar kena tem­bak bisa ke frame selan­jut­nya juga, jadi bisa nerusin quiz..
Con­toh­nya gw bikin text di notepad dan didalam­nya itu sudah ada data” nya trus gimana yah caranya biar bisa load data dari text ter­sebut, cara meng­edit data ter­sebut, dan save data ter­sebut ?
Please ban­tuan­nya dong
ada yang tau cara mem­buat bejeweled games?. ada yang share tapi di AS3, karena masih kurang di AS3, jadi nyari tutor yang di AS2. tapi sayang­nya ga ada
mohon ban­tuaanya kepada suhu2 yang ada di sini, saya lagi kebingungan untuk mem­buat chart/grafik dengan per­paduan flash, php dan mysql. Ada yang tau atau per­nah mem­buat, mohon sharenya ya…
mohon ban­tuan­nya, wahai master2 flash.. saya memer­lukan petun­juk untuk mem­buat peta suatu kabupaten dari flash. warna masing2 kecamatan harus ber­ubah sesuai dengan data dari database. terima kasih
gmn sich buat database xml?? n gmn sich buat koneksinya??
Memang benar, “malu ber­tanya sesat di jalan”. Tapi “ber­tanya” bukan ber­arti minta orang lain nger­jain pe-er atau minta con­tekan. Kalo itu sih malas belajar, mau serba instan.
Dalam artikel ini saya ber­ikan beberapa tips utk Anda yang benar-benar ingin jadi programer:

Jangan remehkan etika di forum

Kalo Anda ingin dihar­gai orang, har­gai dulu orang lain. Baca & patuhi etika di inter­net (netiquette).
Ber­ikut ini hal-hal yang harus Anda hindari:
  1. Meng­gunakan tanda tanya ber­lebihan ( ??, ???, ???? ). Orang yang mem­baca thread Anda tidak rabun.
  2. Meng­gunakan bahasa Alay. Ini hal paling konyol yang per­nah saya lihat
  3. Per­tanyaan yang ter­lalu sing­kat & tidak spesifik permasalahannya.
  4. Minta ban­tuan tanpa menun­jukkan bahwa Anda sudah berusaha.
  5. Mem­buat thread di forum yang tidak tepat ( salah kamar ).
  6. Mem­bajak thread orang lain.
  7. Meminta jawaban/bantuan dikirim ke email Anda. Kalo Anda saja malas buka forum, gimana mung­kin Anda meng­harap orang lain meluangkan waktu utk meng­irim jawaban?
  8. Meng­abaikan orang yang sudah mem­beri jawaban/berusaha mem­bantu Anda. Setidak­nya, Anda bisa bilang “Terimakasih”.

Kualitas bantuan/jawaban yang Anda terima, ter­gan­tung kualitas per­tanyaan Anda

Kalo Anda meng­harap ban­tuan dari programer yang sudah ber­pengalaman, buat per­tanyaan atas per­masalahan yang spesifik. Programer profesio­nal yang kebetulan ada di forum kemung­kinan besar sibuk dengan peker­jaan­nya dan tidak ada waktu untuk merenungkan per­tanyaan Anda.
Belajar­lah untuk memecah satu masalah besar men­jadi beberapa masalah yang lebih kecil sehingga Anda bisa meng­ajukan per­tanyaan yang spesifik. Kalo Anda merasa ga bisa mem­per­kecil scope per­masalahan, mung­kin lebih baik Anda lupakan cita-cita men­jadi program­mer. Kenapa? Karena para programer adalah problem solver, orang-orang yang ker­janya mem­buat solusi atas sebuah per­masalahan. Tahap per­tama penyelesaian masalah yang kom­pleks adalah dengan mem­baginya men­jadi beberapa masalah yang tidak ter­lalu kom­pleks. Kalau Anda ga punya kemam­puan ini, dunia pem­rograman bukan untuk Anda.
Keteram­pilan untuk menyelesaikan masalah bisa dipelajari dan dilatih. Anda bisa melakukan­nya dengan mem­baca source code yang ditulis orang lain. Mem­baca ( benar-benar mem­baca, bukan cuma sekedar melihat ) buku pem­rograman dan bagaimana penulis memecahkan permasalahan.
Per­tanyaan yang jelek
saya lagi kebingungan untuk mem­buat chart/grafik dengan per­paduan flash, php dan mysql. Ada yang tau atau per­nah mem­buat, mohon sharenya ya…
Per­tanyaan di atas jus­tru menim­bulkan per­tanyaan lain. Bingung­nya di bagian mana? Pang­gil skrip di server? Kirim data ke server? Memp­roses data dari server? Menam­pilkan grafik?
Per­masalahan di atas bisa dipecah men­jadi per­masalahan yang lebih seder­hana. Misalnya:
  1. Bagaimana flash meng­ak­ses skrip php.
  2. Bagaimana flash meng­irim data ke skrip php.
  3. Bagaimana meng­gunakan skrip php untuk meng­irim data dari server ke flash.
  4. Bagaimana flash memp­roses data dari server
  5. Bagaimana mem­buat grafik dari sebuah data
Pem­bagian masalah besar men­jadi beberapa masalah kecil memudahkan Anda menulis per­tanyaan yang spesifik. Hasil­nya, Anda akan cepat menerima ban­tuan atau minimal petun­juk dari orang yang lebih berpengalaman.

Belajar dari awal. Jangan harap bisa instan.

Ini penyakit kronis di komunitas program­mer. Sebagian program­mer pemula atau orang-orang yang ingin men­jadi program­mer, ga mau susah payah belajar dari dasar. Belum apa-apa sudah ingin mem­buat game far­mville lalu buka thread “Gimana mem­buat game seperti farm ville?”. Ingat, sebelum kita bisa ber­lari, kita dulu belajar merangkak.
Penguasaan dasar-dasar pem­rograman dan bahasa yang Anda pilih memiliki per­anan pen­ting dalam analisa masalah. Kalo Anda ga punya dasar yang kuat, ga mung­kin Anda bisa meng­analisa sebuah masalah dan memikirkan solusinya. Ini seperti orang menyelam tanpa belajar berenang.
Beberapa tahun yang lalu di sebuah milis flash, ada orang ber­tanya ten­tang masalah yang dia alami dengan framework PureMVC. Ter­nyata kemudian ketahuan bahwa dia ga begitu paham Action­Script 3.0. Akhir­nya, thread ber­kem­bang men­jadi dis­kusi yang ngelan­tur dan ga jelas arah­nya. Saya dan beberapa programer lain yang ikut menang­gapi jadi bingung sen­diri, ini orang dijelasin B, ter­nyata ga ngerti A. Dijelasin ten­tang D, ter­nyata belum ngerti C. Akhir­nya ga ada yang menang­gapi lagi karena buang-buang waktu. Kesim­pulan­nya, tadinya dia punya satu masalah besar ( proyek­nya ). Setelah dia pakai PureMVC, dia punya dua masalah besar. Konyol kan?

Sabar. Belajar itu butuh waktu.

Mahir pem­rograman … dalam 24 jam” seper­tinya adalah judul buku yang menarik pem­beli. Realitanya, itu sekedar tak­tik mar­keting. Saya belum per­nah ber­temu orang yang men­jadi mahir pem­rograman dalam 24 jam. Seba­gai ilus­trasi, Andrew Koenig, seorang ahli pem­rograman bahasa C++ menulis buku ber­judul “Accelerated C++”. Buku ini cukup tipis utk bahasa pem­rograman, kurang dari 200 halaman. Tahukah Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar C++ di Harvard Univer­sity dengan meng­gunakan buku ini? Satu semes­ter. Dan selama satu semes­ter, yang diajarkan adalah dasar-dasar bahasa C++. Jadi bisa dipas­tikan mereka yang selesai meng­ikuti kuliah ini belum men­jadi programmer.

Ada twit menarik dari KH Mus­tofa Bisri (Gus Mus). Beliau ditanya,“Bagaimana supaya cepat meng­uasai ilmu?”. Jawaban beliau,“Habiskan waktu sebanyak-banyaknya untuk belajar”.

Pelajari Bahasa Inggris

Dari sekian banyak bahasa pem­rograman populer, berapa yang dibuat oleh orang Indonesia dan sin­taks­nya meng­gunakan bahasa Indonesia? Tidak ada. Semuanya dibuat orang luar dan sin­taks­nya meng­gunakan bahasa Ing­gris. Dokumen­tasinya juga sebagian besar meng­gunakan bahasa Ing­gris. Anda butuh bahasa Ing­gris untuk memahami dokumen­tasi, contoh-contoh kode, lisensi, dan lain-lain.
Bahasa Ing­gris jauh lebih mudah daripada bahasa pem­rograman. Jadi secara logika, kalo Anda ga mau belajar bahasa Ing­gris, lupakan cita-cita men­jadi programer.
Sekian. Mudah-mudahan tulisan ini bisa mem­bantu Anda kem­bali ke jalan yang benar.
__________Bye Bye,,____

Tidak ada komentar:

Posting Komentar